images

13 March 2024

INDUSTRI BPR SEMAKIN KETAT DAN SEMAKIN LEBIH BAIK

Tahun 2024 baru saja dimulai, namun akhir-akhir ini sering muncul pemberitaan perihal ditutupnya beberapa Bank terutama BPR. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) total BPR selama kurun waktu 5 tahun terakhir telah menyusut 10,58% secara tahunan (year on year/yoy), Per November 2023, jumlah BPR tercatat 1.405 bank. Sementara itu sejak 2005, ada 127 bank yang dicabut izinnya oleh OJK. Dengan demikian, terdapat penyusutan jumlah BPR yang di Indonesia setiap tahun dan kemungkinan akan terus berlanjut hingga beberapa waktu ke depan baik melalui pencabutan izin maupun dengan konsolidasi.

Aksi penutupan BPR oleh otoritas yang berwenang yaitu OJK merupakan upaya untuk memastikan BPR menjadi lembaga keuangan yang sehat dan dapat melayani masyarakat dengan keuangan yang sehat dan stabil. Sehingga untuk dapat mencapai tujuan tersebut, OJK melakukan pencabutan izin bagi BPR yang terbukti melakukan fraud. Sementara itu, untuk BPR yang dinilai belum memenuhi ketentuan yaitu Undang – Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) maka langkah yang diambil salah satunya dengan melakukan konsolidasi (penguatan modal).

Dengan maraknya BPR yang di tutup, bukan berarti BPR menjadi lembaga keuangan yang tidak aman. Namun, hal ini menjadi upaya untuk menunjukkan bahwa BPR merupakan lembaga keuangan yang diawasi secara ketat, selalu dipantau dalam menjalankan kegiatan usahanya agar dalam kondisi yang sehat, dan didorong untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Selain itu, dana masyarakat yang di simpan pada BPR dijamin oleh LPS.

PT BPR Restu Klepu Makmur sebagai salah satu lembaga keuangan yang selalu berkomitmen untuk meningkatkan layanan kepada para nasabah. Nasabah PT BPR Restu Klepu Makmur dapat memantau kondisi keuangan Bank dengan memperhatikan Laporan Publikasi Keuangan di tampilkan disetiap Kantor BPR Restu Klepu Makmur dan Stiker LPS yang menunjukkan Bahwa BPR tersebut merupakan anggota dari penjaminan LPS. Selain itu, nasabah dapat melakukan penarikan dana di BPR Restu Klepu Makmur sesuai dengan jam operasional Kantor.

Rasio Tingkat Kesehatan Bank PT BPR Restu Klepu Makmur
(Periode Desember 2023)


Disisi lain, masyarakat juga harus bijak dalam menggunakan layanan keuangan BPR, seperti memahami ketentuan produk yang akan digunakan dengan mengkomunikasikan kepada pihak Bank serta tidak merugikan Bank seperti memiliki kredit macet. Apabila masyarakat mendapati pihak-pihak tertentu yang mencoba mengambil keuntungan, dapat disampaikan dengan menghubungi call center Bank tersebut untuk mengantisipasi adanya fraud.

PT BPR Restu Klepu Makmur berupaya untuk dapat menjadi lembaga keuangan yang sehat dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta terus berinovasi untuk dapat bersaing dalam industri perbankan terutama BPR. Nasabah PT BPR Restu Klepu Makmur saat ini sudah dapat menikmati kemudahan dalam pembayaran angsuran melalui fasilitas Virtual Account, sehingga lebih cepat dan aman. Bagi Nasabah PT BPR Restu Klepu Makmur, apabila memiliki aduan perihal layanan maupun produk keuangan yang digunakan dapat disampaikan baik secara langsung maupun melalui Sapa Restu (08112880706) agar dapat ditindaklanjuti.

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *