images

28 October 2022

HARI SUMPAH PEMUDA, PEMUDA PEMUDI MERDEKA FINANSIAL

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA, PARA PEMUDA PEMUDI INDONESIA! Apakah Sobat Restu tahu bahwa generasi muda Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia? Berdasarkan data BPS tahun 2021, diketahui seperempat dari penduduk Indonesia merupakan generasi muda dengan usia 15 sampai 40 tahun. Berdasarkan jumlah tersebut, tentu tidak terelakkan bahwa generasi muda pun menjadi titik tumpu kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Untuk itu penting sekali membekali generasi muda dengan literasi keuangan. Tapi bagaimana sih perilaku keuangan generasi muda Indonesia? Yuk simak ringkasan beberapa studi mengenai kehidupan finansial generasi muda saat ini.

Menurut studi OCBC Financial Index & Nielsen IQ tahun 2021 hanya sekitar 16% penduduk Indonesia yang memiliki dana darurat. Artinya masih banyak generasi muda yang belum mampu menyisihkan pendapatannya untuk menjadi dana darurat, padahal dana darurat itu sangat penting sekali. Studi lainnya dari Deloitte tahun 2022 menemukan bahwa hampir setengah dari Gen Z (46%) dan milenial (47%) di dunia membiayai kebutuhan hidup dari uang gaji dan khawatir mereka tidak akan mampu menutupi pengeluaran mereka. Studi yang sama menemukan bahwa lebih dari seperempat Gen Z (26%) dan milenial (31%) di dunia tidak yakin dapat pensiun dengan nyaman. Artinya keuangan generasi muda saat ini lebih banyak digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup saat ini dan belum disisihkan untuk kebutuhan di masa depan. Wah seram sekali dong?

Dilihat dari fakta-fakta tersebut, situasi finansial yang dihadapi generasi muda jauh lebih menantang daripada yang dihadapi generasi sebelumnya. Apabila tidak diperbaiki, hal ini bisa menjadi beban keuangan bagi generasi muda. Untuk itu generasi muda perlu memperbaiki perilaku keuangannya dengan melakukan diet keuangan. Diet keuangan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengelola keuangan yang sehat, lho! Caranya pun cukup sederhana, yuk simak resep diet keuangan ala Sikapiuangmu:

Buat rencana keuangan
Rencanakan pengeluaran sesuai dengan gaji pokok/pemasukan utama bulanan. Sobat hanya perlu lebih sadar tentang bagaimana Sobat membelanjakan anggaran yang ada. Sobat perlu membuat rencana pengeluaran inti sesuai skala prioritas serta menentukan besarnya uang yang akan ditabung atau diinvestasikan setiap bulan secara konsisten.

Pertimbangkan sebelum membeli sesuatu
Sebelum membeli sesuatu, pastikan Sobat memang membutuhkannya bukan dilandaskan dengan keinginan sesaat (impulsif). Sobat perlu memiliki alasan yang jelas dari setiap pembelian yang Sobat lakukan. Pastikan Sobat menggunakan uang pada barang atau kegiatan yang sesuai kebutuhan dan utamakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bukan untuk melengkapi gaya hidup.

Evaluasi rencana keuangan dan lakukan penyesuaian
Pastikan tujuan menabung atau investasi adalah untuk sesuatu yang praktis, berkelanjutan dan bermanfaat, sehingga Sobat dapat mengurangi beberapa pengeluaran yang dirasa tidak perlu setelah Sobat menetapkan beberapa kebiasaan baik. Serta yang pasti sobat bisa menggunakan uang tersebut untuk bisa ditabung setiap bulannya.

Selain hal-hal tersebut, tahukah Sobat bahwa generasi muda mungkin sering bingung tentang apa yang harus dilakukan dengan uang yang dimilikinya. Padahal, saat ini sudah ada beberapa program/produk keuangan yang ditujukan untuk generasi muda. Pernahkah Sobat Restu mendengar tentang Tabrisma Platinum?

Tabrisma Platinum adalah produk tabungan BPR RESTU KLEPU MAKMUR yang diperuntukkan untuk memperkenalkan rekening tabungan kepada orang dewasa muda yang dikemas dengan produk tabungan arisan, Sobat Restu saat ini telah di-launching Tabrisma Platinum2 loh! Tabrisma Platinum2 ini dapat sobat manfaatkan untuk menabung sekaligus berlatih berinvestasi. Cukup dengan setoran awal sebesar Rp. 2.500.000,- hold (ditahan) selama 2th, selain mendapatkan bunga tiap bulan, sobat Restu yang beruntung bisa juga mendapatkan hadiah undian uang tunai, diundi setiap tiga bulan sekali selama 2 tahun, dengan total hadiah sebesar Rp.355.000.000,- .

Sobat Restu, dalam menggunakan produk dan layanan jasa keuangan, tentu penting untuk setiap calon konsumen memperhatikan karakteristiknya, terlebih dahulu ya! Perhatikan manfaat, biaya, dan risiko atas produk dan layanan jasa keuangan; hak dan kewajiban konsumen; cara mengakses produk dan layanan jasa keuangan; serta informasi terkait dengan mekanisme transaksi produk dan/atau layanan jasa keuangan.

Untuk membantu Sobat Restu dalam menciptakan dan mempertahankan finansial yang sehat, mari mulai mengatur anggaran dan memanfaatkan produk keuangan dari perusahaan yang telah terdaftar dan berizin OJK ya!

Salam Bersatu Bangun Bangsa !!!!!

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *